REMAJA DAN TUGAS-TUGAS PERKEMBANGANNYA DALAM ISLAM

Miftahul Jannah

Abstract


Perkembangan remaja penting untuk dikaji ulang, karena setiap individu melewati usia remaja dalam rentang kehidupannya. Remaja harus mampu mengembangkan seluruh potensi baik yang ada dalam dirinya sehingga mampu melewati perkembangannya tanpa stres dan penuh kebimbangan. Sehingga teori yang mengatakan usia remaja adalah identik dengan usia badai dan sress adalah keliru. Saat ini semakin banyak remaja mengalami hambatan dalam melaksanakan tugas perkembangannya padahal remaja dituntut agar mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman dengan tetap menjaga keimanan yang kokoh, tidak terlibat narkoba, adiktif terhadap pornografi, melakukan seks bebas, dan menjadi korban pelecehan seksual. Adapun tujuan yang hendak dicapai adalah bagaimana perkembangan remaja mampu melewati fase kritis dengan tidak mengalami tekanan yang berat, sehingga berdampak pada perilaku negatif . Studi ini menelaah beberapa kajian teori dan menyesuaikan dengan fenomena yang terjadi saat ini, dan menunjukkan bahwa remaja saat ini sulit menjalankan tugas-tugas perkembangannya jika tidak didukung oleh lingkungan yang sehat. Penyelesaian masalah remaja memerlukan kajian ulang dengan mengkaji pengetahuan yang integratif dan komprehensif tentang bagaimana konsep remaja yang mampu membangkitkan kesadaran mereka sebagai makhluk Allah yang paling berharga di dunia dan menjadi harapan bangsa dan negara.

Keywords


remaja, tugas-tugas perkembangan

Full Text:

PDF

References


Abdullah Nasikh Ulwan, Tarbiyatul al-Aulad fi al-Islam, Beirut: Dar al-Salam, 1981

Desmita, Psikologi Perkembangan, Universitas Padjadjaran, 2008

Hurlock, Elizabeth.B, Psikologi Perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (edisi kelima), (Jakarta: Erlangga,1993)

Hurlock, Elizabeth. B., A Life-Span Approach, (Jakarta: Erlangga, 1980)

Imam Ahmad al-Ghazali, Ihya’ Ulum ad-Din, Juz VII, Beirut: Dar al-Fikr, 1980

Monks, F.J., Knoers, A.M.P & Hadinoto S.R, Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya, (Yogyakarta: Gajah Mada University Press), hal.100

Santrock, John W., Life - Span Develompment (Perkembangan Sepanjang Hidup), Jilid I, (Jakarta : Erlangga, 2002), hal.60




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v1i1.1493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
All Publications


PSIKOISLAMEDIA
© Psikoislamedia:  Published by Faculty of Psychology UIN Ar-Raniry;
All right reserved 2017

​

Indexed By:

          

Flag Counter