MENINGKATKAN PROFESIONALITAS LULUSAN PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM

M. Jamil Yusuf

Abstract


Profesionalitas sebagai suatu keterampilan untuk mampu bertindak secara professional adalah sebuah tuntutan yang wajib dikuasai oleh seseorang lulusan S-1 sesuai dengan bidang kesarjanaannya. Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) mempunyai tugas dan fungsi menyelenggarakan pendidikan akademik (Sarjana Konseling Islam)  dan sedang berjuang untuk dapat menyelenggarakan pendidikan profesi (Konselor Islam) secara otomatis memiliki kewajiban untuk meningkatkan kualitas lulusannya mencakup kompetensi akademik dan kompetensi profesional sebagai satu keutuhan.  Prodi BKI dalam mengemban tugas ini juga menghadapi tantangan yang bersifat internal mengenai terbatasnya sumber daya tenaga pendidik berkualitas dan linier dengan bidang ilmu yang dikembangkannya. Di samping itu, Prodi BKI juga menghadapi tantangan eksternal di era disrupsi yang amat sukar diprediksi arah perkembangannya. Solusi yang ditawarkan di sini adalah uji kompetensi terhadap para lulusan dengan pendekatan analisis SWOT dan difokuskan ketika mereka hendak memasuki dunia kerja. Kepada para lulusan  diajukan sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan factor kekuatan (S) dan kelemahan (W) yang ada pada dirinya, serta factor peluang (O) dan factor ancaman (T) yang terbentang di hadapan diri mereka. Dengan hasil ujia kompetensi ini diharapkan Pengelola Prodi BKI dapat menyusun strategi pemantapan kekuatan (S) dan memperbesar peluang (O), serta membenahi factor-faktor kelemahan (W) dan mengurangi factor-faktor ancaran/hambatan (T) untuk diterapkan dalam pengelolaan program studi, sekaligus diharapkan para lulusan dapat memasuki dunia kerja sesuai kompetensi akademik dan kompetensi profesionalnya.


Full Text:

PDF

References


Afid Burhanuddin, Analisis SWOT dalam Pendidikan, https://afidburhanuddin. wordpress.com/2014/02/05/analisis-swot-dalam-pendidikan-3

Cara Tepat Menjawab Pertanyaan Interview “Mengapa Anda Memilih Jurusan Tersebut?https://glints.com/id/lowongan/mengapa-anda-memilih-jurusan-tersebut/#.Yg3SkuhBzIU

Freddy Rangkuti, Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT, (Jakarta: PT Gramedia, 2016), hal. 24.

Hamidulloh Ibda, Penguatan Literasi Baru pada Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4,0, JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education Vol. 1, No. 1, 2018.

https://www.google.com/search?q=perencanaan+yang+efektif+dan+efisien&oq=perencanaan+efektif&aqs=chrome.5.69i57j0i512j0i10i22i30l2j0i22i30l6.32980j0j4&sourceid=chrome&ie=UTF-8.

Ini Dia Alasan Kenapa Kuliah Itu Wajib Untuk Karir Kamu!https://www.cermati .com/artikel/ini-dia-alasan-kenapa-kuliah-itu-wajib-untuk-karir-kamu

Kurikulum dan Tantangannya Abad 21. https://www.researchgate.net/ publication/355251299_Kurikulum_dan_Tantangannya_pada_Abad_21

Mayoritas Angkatan Kerja di Indonesia Berpendidikan Rendah, Bagaimana Solusinya? https://edukasi.okezone.com/read/2019/01/23/65/2008261/mayoritas-angkatan-kerja-di-indonesia-berpendidikan-rendah-bagaimana-solusinya.

Menghadapi Era Disrupsi.http://www.republika.co.id/berita/jurnalisme-warga/wacana/ 17/11/24/ozw649440-menghadapi-era-disrupsi.

Permendikbud Nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, pasal 1 ayat 1.

Peraturan Dirjen Pendidikan Islam, Nomor: Dj.I/212/2011, tentang Peraturan dan Prosedur Pembukaan Program Studi pada Perguruan Tinggi Agama Islam.

Rifa Hanifa Mardhiyah, dkk, Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia, Lectura: Jurnal Pendidikan, Vol 12 No.1 tahun 2021.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, Nomor 20 tahun 2003, pasal 3




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v5i1.12724


     

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry
Jl. Syech Abdur Rauf Darussalam,
Banda Aceh - Aceh 23111
Telp: -
HP: 0852-6091-2966
Email : fdk.prodibki@ar-raniry.ac.id

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
www.ar-raniry.ac.id