KONSELING LINTAS BUDAYA DAN AGAMA SEBAGAI SOLUSI FENOMENA KOREAN WAVE DAN K-POPERS

mansyur s

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena Korean Wave dan K-popers di kalangan generasi muda khususnya remaja Indonesia. Fenomena Korean Wave dan K-popers di Indonesia tidak terlepas dari dampak globalisasi sehingga mengakibatkan budaya lokal atau budaya asli Indonesia makin terkikis dan bahkan jika tidak diantisipasi atau dicarikan solusinya maka budaya lokal akan hilang sama sekali. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah  library research atau penelitian kepustakaan dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan memahami dan menganalisis berbagai tulisan atau karya-karya sebelumnya. Pengumpulan datanya diambil dari berbagai buku dan artikel jurnal yang berkaitan dengan tema dan pembahasan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Korean Wave dan K-popers merupakan ancaman yang serius bagi budaya Indonesia. Korean Wave dan K-popers tidak hanya dapat melemahkan budaya lokal, tapi juga dapat merubah perilaku dan gaya hidup remaja Indonesia. Kemudian sebagai solusi yang dapat dilakukan dalam menanggulangi persoalan ini adalah konseling lintas budaya dan agama. Konseling lintas budaya dan agama dipandang tepat karena memiliki karaktersitik, spesifikasi dan perhatian khusus terhadap budaya serta perubahan perilaku remaja.

Keywords


Konseling Lintas Budaya dan Agama, Korean Wave, K-popers

Full Text:

PDF

References


Akhmadi, Agus. (2019). Moderasi Beragama dalam Keragaman Indonesia. Jurnal Diklat Keagamaan, Vol. 13. No. 2 Februari-Maret

https://bdksurabaya.e-journal.id/bdksurabaya/article/download/82/45

Ardia, V. (2014). Drama Korea dan Budaya Popular. Jurnal Komunikasi. Vol. 2 No. 3, Hal. 12-18

https://doi.org/10.30656/lontar.v2i3.337

Cindoswari, Ageng Rara dan Dina Diana. (2019). Peran Media Massa Terhadap Perubahan Perilaku Remaja di Komunitas K-popers Batam. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian. Vol. 5 No. 2 Oktober, Hal. 275-285

http://dx.doi.org/10.10358/jk.v5i2.666

Iskandar, Putri Zafira dan Dinda Amanda Zuliestina. (2021). Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Album Musik dan Merchandise K-pop (Studi pada Penggemar Musik K-pop). Vol. 8 No. 3

https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/14930/14834

Jumarin. (2002). Dasar-dasar Konseling Lintas Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Latifun. (2001). Psikologi Konseling. Malang: UMM Press.

Lubis, Namora Lumangga. (2013). Memahami dasar-dasar Konseling dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Maliki. (2016). Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Masruri. (2016). Etika Konseling dalam Konteks Lintas Budaya dan Agama. Al-Tazkiah, Vol. 5 No. 2 Desember, Hal. 139-150

https://doi.org/10.20414/altazkiah.v5i2.1187

Nadia, Shyfa Mourizka dan Pramitha Aulia. (2020). Pengaruh Brand Ambassador K-pop terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia. e-Proceeding of management, Vol. 7 No. 2 Agustus.

https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/13462/13293

Nastiti, A. D. (2010). Korean Wave di Indonesia: Antara Budaya, Internet dan Fanatisme pada Remaja (Studi Kasus terhadap Situs Assian Fans Club di Indonesia dalam Perspektif Komunikasi Antar Budaya). Journal of Communication. Vol. 1 No. 1 Agustus, Hal. 1-23

Putri, Lisa Anggraini. (2020). Dampak Korea Wave Terhadap Perilaku Remaja di Era Globalisasi. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. Vol. 3 No 1, Hal. 42-48

http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/alittizaan/article/view/10187/5469

Prihwanto, Puji. dkk. (2021). Konseling Lintas Agama dan Budaya Strategi Konseling di Era Modern. TTT: Guepedia.

Ri’aeni, Ida dkk. (2019). Pengaruh Budaya Korea (K-pop) terhadap Remaja di Kota Cirebon. Communication, Vol. 1 No. 1 Januari, Hal. 1-26

http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/communications/article/view/9460/6798

Ridaryanthi, Melly. (2014). Bentuk Budaya Populer dan Konstruksi Perilaku Konsumen Studi terhadap Remaja. Jurnal Visi Komunikasi, Vol. 13 No. 1 Mei, Hal. 87-104

https://publikasi.mercubuana.ac.id/files/journals/16/articles/378/submission/copyedit/378-992-1-CE.pdf

Sihombing, Lambok Hermanto. (2018). Pengaruh K-pop Bagi Penggemarnya: Sebuah Analisis Kajian Blog. Jurnal Makna, Vol. 3 No. 1 Maret, Hal. 55-76

https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/makna/article/download/842/726

Syam, Hamdani M. (2015). Globalisasi Media dan Penyerapan Budaya Asing, Analisis pada Pengaruh Budaya Populer Korea di Kalangan Remaja Kota Banda Aceh. Avan Garde: Jurnal Komunikasi, Vol. 3 No. 1 Juli, Hal. 54-70

https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/avantgarde/article/viewFile/19/4

Tiningtiyas, Diana Ariswanti. (2019). Konseling Lintas Budaya. Magetan: Media Grafika.

Yulius, H. (2013). All About K-Pop. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v5i1.13432


     

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry
Jl. Syech Abdur Rauf Darussalam,
Banda Aceh - Aceh 23111
Telp: -
HP: 0852-6091-2966
Email : fdk.prodibki@ar-raniry.ac.id

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
www.ar-raniry.ac.id