DZIKIR DAN UPAYA PEMENUHAN MENTAL-SPIRITUAL DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Umar Latif

Abstract


Dzikir adalah ikhtiyar sunggu-sungguh mengalihkan kehidupan gagasan,  pikiran dan perhatian dunia menuju tuhan dan akhirat. Dan dzikir mampu memberikan kontrol emosi seseorang dalam menyikapi penyimpangan berpikir dan rasa cemas berlebihan. Dan al-Qur’an mengandung banyak kata dzikir seperti al-Qur’an surat al-Maidah ayat 91, al-Qur’an surat al-Nur ayat 37 dan ayat-ayat lainnya. Oleh karena itu, berDzikir berarti hendak mengaitkan diri untuk berpikir, juga sekaligus membentuk mental rohani ke dalam eskatologi yang sesungguhnya, yakni alam akhirat. Hal yang sama yang secara leksikal dimana konteks dzikir  adalah mengingatnya dalam pikiran yang menuntut adanya kesadaran hati tentang hakikat kutuhanan yang ditumbuhkan dalam diri manusia dan diaplikasikan  dalam kehidupan baik verbal dan perbuatan. Dengan demikian, konsep dzikir  adalah suatu upaya yang sungguh-sungguh untuk menghadirkan peran Tuhan Subhanahu Wata’ala dalam hati dan kehidupan sehari-hari baik ucapan, perkataan dan perbuatan.


Full Text:

PDF

References


Abduh Zulfidar Akaha, Panduan Praktis Dzikir dan Do’a Sehari-hari, Jakarta: Pustaka al-Kausar, 2007

Abdul Malik Abdul Karim Amrullah, Tafsir al-Azhar, Jilid ke-6, Jakarta: Yayasan Nurul Islam, 1987

Abdul Mujib, Kepribadian dalam Psikologi Islam, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2006

Abu al-Husain Ahmad bin Faris bin Zakariya, Mu’jam Maqayis al-Lugah, Juz. II, Bairut: Dar al-Fikr li al-Taba ‘ah wa al-Nasyar wa al-Tauzi’, t.th

Abu Thalib al-Makky, Ilmu Hati; Teknik Efektif Mencapai Kesadaran Sejati, Erlangga, 2002

Abu Zakariya Muhyi al-Din bin Syaraf al-Nawawi, al-Azkar; al-Muntakhab Min Kalam Sayyid al-Mursalin, Mesir: Dar al-Taqwa Syubra Khaimah, 1421 H/ 2000 M

Afzalur Rahman, al-Qur’an Sumber Ilmu Pengetahuan, Jakarta: Rineka Cipta, 1992

Ahmad Musthafa al-Maraghi, Tafsir al-Maraghi, vol. ke-10, Beirut: Dar al-Fikr,1985

Dadang Hawari, Dimensi Religi dalam Praktek Psikiatri dan Psikologi, Jakarta, Balai Penerbit FKUI, 2005

Departemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemahannya

Diah Matovani & Fuad Nashori, Hubungan antara Kualitas DDzikir dengan Depresi pada Mahasiswa, Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia, 2009

H. H. Soleh, “Do’a Dan Dzikir dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosi.” PSIKIS–Jurnal Psikologi Islami, 2016

Ibnu Rajab al-Hambali dan Imam al-Gazali, “Tazkiyah al-Nufus, terj. Imtihan al-Syafi’I, Taskiyah al-Nafs; Konsep Penyucian Jiwa menurut Para Salaf, Solo: Pustaka ‘Arafah, 1421 H/2001 M

Ismail Nawawi, Risalah Pembersih Jiwa: Terapi Prilaku Lahir & Batin dalam Perspektif Tasawuf, Surabaya: Karya Agung Surabaya, 2008

M.Quraish Shihab, Wawasan al-Qur’an tentang Dzikir dan Do’a, Cet. I, Jakarta: Lentera Hati, 2006

________, Tafsir al-Misbah; Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati, 2012

Muhammad ibn Isa Abu Isa al-Sulami al-Turmuzi, Sunan al-Turmuzi, Juz XI, Bairut: Dar Ihya al-Turas al-Arabi

Rafy Sapuri, Psikologi Islam Tuntunan Jiwa Manusia Modern, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008

Taufiq Abdullah, Ensiklopedia Tematis Dunia Islam, Jakarta: Ichtiar Baru van Hoeve, 2002

Toshihiko Izutsu, (peng.,) Machasin, Relasi Tuhan dan Manusia: Pendekatan Sementik terhadap Al-Qur’an, Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2003




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v5i1.13729


     

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry
Jl. Syech Abdur Rauf Darussalam,
Banda Aceh - Aceh 23111
Telp: -
HP: 0852-6091-2966
Email : fdk.prodibki@ar-raniry.ac.id

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
www.ar-raniry.ac.id