TERAPI BEHAVIOR DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Upaya Penanganan Perilaku Maladaptif Remaja Pecandu Game Online)

Mahdi Mahdi NK

Abstract


Remaja merupakan tahap kritis yang memerlukan perhatian khusus agar ia terhindar dari perilaku yang menyimpang dan maladaptif yang dapat menimbulkan konflik, pertengkaran, tindak kekerasan dan perilaku antisosial lainnya. Salah satu pemicunya diakibatkan intensitas dan kecanduan mereka memainkan game online. Berbagai hasil penelitian membuktikan bahwa terapi atau konseling behavioral mampu mengubah perilaku maladaptif seseorang kepada perilaku yang baru. Tulisan ini bermaksud untuk mengetahui konsep terapi behavioral dalam perspektif Islam dan konsep tersebut mampu mengatasi perilaku maladaptif remaja. Kajian ini merupakan hasil studi literatur yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang konsep terapi behavioral dalam pandangan Islam dan implementasinya dalam menangani perilaku maladaptif remaja pecandu game online. Data dalam tulisan ini bersumber dari literatur yang berkaitan dengan tema permasalahan, kemudian dianalisis dan disajikan secara deskriptif. Diketahui bahwa terapi behavioral dalam perspektif Islam disebut juga dengan istilah taubat. Dimana ini merupakan suatu aktivitas perubahan perilaku maladaptif yang dilakukan seorang individu menuju perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku. Penerapan terapi ini berguna untuk memperoleh tingkah laku baru, penghapusan tingkah laku para remaja yang maladaptif serta memperkuat dan mempertahankan tingkah laku yang diinginkan. Tujuannya adalah memiliki perilaku yang sesuai dengan ajaran Islam agar mencapai kebahagian hidup di dunia dan akhirat.

 

Kata kunci: terapi behavior, perilaku maladaptif, remaja


Full Text:

PDF

References


Abd Baqi, Muhammad Fuad. 1987. Mujam al-Mufahros li al-Fazh al-Qur’an. Beirut: Dar Fikr.

Addimasyqi, Muhammad Jamaluddin Alqasimi. 1986. Mau’izhatul Mukminin. Bandung: Diponegoro.

Ahmadi, Abu. 1991. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.

Al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad Ibn Muhammad. 2013. Ihya’ ‘Ulum al-Din. Beirut: Dar al-Fikr.

_______, 1975. Bimbingan untuk Mencapai Tingkat Mukmin, pent. Diponegoro, Bandung: tp.

_______, 2009, Minhajul Abidin, ter. Abul Hayadh. Surabaya: Mutiara Ilmu.

Ali Ridho. 2019. “Konsep Taubat menurut Imam Al-Ghazali dalam Kitab Minhajul ‘Abidin”, Jurnal Aqidah UIN Alauddin MakassarVol.5 No.1.

Al-Zuḥayli, Wahbah. 2014. Tafsir al-Munir. Beirut: Dar al-Fikr.

Anggi, Indayani. 2014. “Penerapan Konseling Behavioral dengan Teknik Penguatan Positif sebagai Upaya untuk Meminimalisasi Perilaku Membolos pada Siswa Kelas X.1 SMA Negeri 1 Sawan Tahun Ajaran 2013/2014”. Jurnal Bimbingan dan Konseling, Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 2, No.1.

Corey, Gerald. 1997. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Eresco.

Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hartono. 2012. Psikologi Konseling Edisi Revisi. Jakarta: Kencana.

Hidayat, Zaky Taufik. 2010. “Konsep Taubat dalam Al-Qurân menurut Sayyid Quthb”. Skripsi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Kartono, Kartini. 1997. Psikologi Sosial 3. Jakata: Rajawali.

Komalasari, Gantina dan Eka, Wahyuni. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks.

Kumalasari, Dyesi. 2017. “Konsep Behavioral Therapy dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri pada Siswa Terisolir”, Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, Vol.14 No.1.

Latipun. 2008. Psikologi Konseling. Malang: UMM Press.

Mertika, Dewi Mariana. 2020. “Fenomena Game Online di Kalangan Anak Sekolah Dasar”. Jurnal of Educational Review and Research Vol.3 No.2.

Mumtahanah, Nurotun. 2018. “Prosedur Pengembangan dan Karakteristik Assesment Pembelajaran”. Al-Hikmah Jurnal Studi Keislaman, Vol.8, No.2.

Novrialdy, Eryzal. 2019. “Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya”. Jurnal Buletin Psikologi Vol.27 No.2.

PP. No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Prayitno. 2008. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Putra, I Wayan Andika Sari. 2014. “Penerapan Konseling Behavioral dengan Teknik Shaping untuk Meningkatkan Disiplin Belajar pada Siswa Kelas X MIA 4 di SMA Negeri 2 Singaraja”. Jurnal Bimbingan dan Konseling Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 2, No: 1.

Soetjiningsih. 2002. Tumbuh Kembang Remaja dan Persoalannya. Jakarta: Sagung Seto.

Tim Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud Balai Pustaka.

Willis, Sofyan S. 2009. Konseling Keluarga. Bandung: Alfabeta.

_______, 2011. Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.

Yunus, Mahmud. 1989. Kamus Arab Indonesia. Jakarta: Mahmud Yunus Wadzuryah.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v5i1.13730


     

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry
Jl. Syech Abdur Rauf Darussalam,
Banda Aceh - Aceh 23111
Telp: -
HP: 0852-6091-2966
Email : fdk.prodibki@ar-raniry.ac.id

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
www.ar-raniry.ac.id