KINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK AL-GIFARI KOTA BIMA

Syafruddin, Muh. Fitrah, Cucu Ardiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru, faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar anak di Taman Kanak-Kanak Al-Gifari Kota Bima. Jenis penelitian yang digunakan ialah kualiatatif deskriptif dengan sebanyak 8 responden. Sumber datanya diperoleh dari guru dan kepala sekolah serta dokumen lain yang selaras. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, pengamatan dan dokumen, sehingga instrumennya ialah peneliti, lembar wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Data penelitian ini berupa data kualitatif dengan tehnik analisis datanya ialah pengumpulan data, reduksi data, verifikasi data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa kinerja guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak belum maksimal karena kurang menjalankan tugas dan tanggungjawabnya seperti mendesain program pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan, pelaksanaan proses penilaian. Sisi lain bahwa kinerja guru didukung oleh pribadi guru yang kuat, rasa senang guru kepada anak, kemampuan anak yang cepat berkembang serta, adanya kegiatan peningkatan kompetensi guru. Sedangkan factor yang menjadi penghambatnya ialah kurangnya komunikasi antara kepala sekolah dengan guru, alat peraga yang kurang memadai, gaji guru yang tidak sesuai, guru yang tidak memenuhi kualifikasi, dan lingkungan keluarga yang kurang mendukung.

Keywords


Kinerja, Guru, Motivasi, Belajar

Full Text:

PDF

References


Andriana, J. (2018). Kinerja Guru PAUD ditinjau dari Kualifikasi Pendidik,

Pengalaman Mengajar, dan Pelatihan. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 83-88.

Anggraeni, A. D. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Membentuk Kemandirian

Anak Usia Dini (Studi Kasus Di Tk Mutiara, Tapos Depok). AWLADY: Jurnal

Pendidikan Anak, 3(2), 28-47.

Azhari, A. (2017). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Imajinasi

Terhadap Keterampilan Bercerita Pada Anak Usia Dini. Bunayya: Jurnal

Pendidikan Anak, 1(2), 93-111.

Fauziah, I. S., & Habibah, S. (2017). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa

melalui lesson study di kelas V SD Negeri Lampagen Aceh Besar. Jurnal

Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 30-38.

Fip-Upi, T. P. I. P. (2007). Ilmu dan aplikasi pendidikan. Bandung: Imtima.

Fitrah, M. (2018). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi

Kasus. Jawa Barat: Jejak Publisher.

Fitrah, M. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu

pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31-42.

Hadianti, A. N. (2020). Perspektif Orang Tua Terhadap Profil Lulusan Dan Kinerja

Guru Sebagai Bentuk Kepuasan Pada Taman Kanak-Kanak Terakreditasi Di

Kota Bandung. Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 1(1).

Islamuddin, H. (2012). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Koca, F. (2016). Motivation to Learn and Teacher-Student Relationship. Journal of

International Education and Leadership, 6(2).

Kompri, M. P. (2017). Komponen-Komponen Elementer Kemajuan

Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Nafiqoh, H. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi

Berprestasi Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Tunas

Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi

Bandung, 3(1), 57-75.

Nurussalami, N. (2020). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi

Kinerja Guru Pada Sd Negeri Siem Kecamatan Darussalam Aceh

Besar. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 1-12.

Setyowati, D., Samsudi, S., & Raharjo, T. J. (2019). The Effectiveness of Concept

Mapping on Social Skills of Students in Social Learning of Elementary

School. Journal of Primary Education, 8(4), 16-24.

Sumarsih. (2018). Kinerja Guru PAUD Ditinjau Dari Kualifikasi Pendidikan,

Pengalaman Mengajar, Dan Pelatihan, Jurnal Ilmiah Potensia, No. 1, Volume

III, 2018.

Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar

siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.

Suyanto Slamet. (2005). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Hikayat.

Syaidah, U., Suyadi, B., & Ani, H. M. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap

Hasil Belajar Ekonomi Di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran

/2018. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan,

Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 12(2), 185-191.

Umar. (2019). Pengantar Profesi Keguruan. Depok: Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Syafruddin, Muh. Fitrah, Cucu Ardiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.