PENGARUH PENGETAHUAN, RELIGIUSITAS, LOKASI, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK ACEH SYARIAH CABANG JEURAM (STUDI PADA MASYARAKAT KECAMATAN SEUNAGAN KABUPATEN NAGAN RAYA)

Siti Raihana, Riza Aulia

Abstract


Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, religiusitas, lokasi dan lingkungan sosial terhadap minat masyarakat untuk menabung di Bank Aceh Syariah. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode field research atau penelitian lapangan. Adapun sampel yang digunakan sebanyak 100 sampel. Hasil penelitian pengujian variabel pengetahuan menunjukan bahwa 1) pengetahuan tidak berpengaruh terhadap minat. 2) religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat 3) lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat 4) lingkungan sosial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap minat masyarakat kecamatan Seunagan menabung di Bank Aceh Syariah Kantor Cabang Jeuram. 5) Pengetahuan, Religiusitas, Lokasi, dan Lingkungan Sosial berpengaruh terhadap minat masyarakat kecamatan Seunagan menabung di bank syariah khususnya menabung pada Bank Aceh Syariah Kantor Cabang Jeuram.

 


Keywords


Pengetahuan, religiusitas, lokasi, lingkungan sosial, minat.

Full Text:

PDF

References


Arviyan, Angga Naufal. (2016). Pengaruh Religiusitas dan Lokasi Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah. (Skripsi). Yogyakarta. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Bank Aceh Syariah. (2018). Laporan Tahunan PT Bank Aceh. Banda Aceh.

Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan.

Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Iranati, Rahma Bellani Oktavindria. (2017). Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, Pengetahuan dan Lokasi Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah. (Skripsi). Jakarta.

Jalaluddin. (2010). Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kasmir. (2010). Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2 Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia..

Maghfiroh, Sayyidatul. (2018). Pengaruh Religiusitas, Pendapatan, dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah pada Santri Pesantren Mahasiswi Darush Shalihat. Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi volume 7. Nomor 3.

Notoatmodjo, S. (2012). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Oemar, Hamalik. (2001). Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Otoritas Jasa Keuangan (2018). Statistik Bank Syariah. www.ojk.go.id. Diakses pada tanggal 7 Desember 2019 pada pukul 14.39 WIB.

Otoritas Jasa Keuangan. (2016). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan.

Purwanto, Aris. (2016). Pengaruh Religiusitas dan Tingkat Pendapatan Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah. (Skripsi). Salatiga: Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Soemitra, Andri. (2017). Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. (2003). Perilaku Konsumen. Bogor: PT. Ghalia Indonesia.

Sunyoto, Danang. (2013). Perilaku konsumen (panduan riset sederhana untuk mengenali konsumen). Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publising Service).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jihbiz.v2i2.8643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Siti Raihana, Riza Aulia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Editorial Office
Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance
Program Studi Perbankan Syariah - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Jln. Syaikh Abdur Rauf Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia
Contact jihbiz@ar-raniry.ac.id    

                                                                                                  

                                                                                                      Creative Commons License  

                                                  This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  

 

 Membership: