STRATEGI PRESERVASI INFORMASI DIGITAL DALAM MENJAGA AKSESIBILITAS INFORMASI

Annisa Nur Fatwa

Abstract


Tujuan dari tulisan ini adalah untuk memberikan wawasan bagi sebuah perpustakaan yang akan melakukan preservasi informasi digital mengenai strategi dan persiapan apa saja yang perlu dilakukan pada kegiatan preservasi informasi digital dan kaitannya dalam aksesibilitas informasi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan pengambilan data dilakukan dengan telaah pustaka dan penelusuran informasi yang bersumber dari karya ilmiah yang telah dipublikasikan sebelumnya. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa strategi preservasi digital yang dapat dilakukan diantaranya adalah strategi preservasi teknologi, penyegaran atau pembaruan, migrasi dan format ulang, emulasi, arkeologi digital, serta mengubah data digital menjadi analog. Selanjutnya kaitannya dalam aksesibilitas informasi, preservasi informasi digital ini perlu dilakukan karena erat dengan keutuhan dan keabsahan materi digital yang bertujuan agar dapat terus-menerus diakses dalam jangka waktu yang sangat lama.

 

Kata Kunci: Strategi, Preservasi, Informasi Digital, Aksesibilitas


Full Text:

PDF

References


Elvina, Irma. Mengapa koleksi digital harus dipreservasi?, dalam http://irma.staff.ipb.ac.id/2010/04/07/ diakses pada 9 Desember 2019.

Hartono. “Strategi Pengembangan Perpustakaan Digital dalam Membangun Aksesibilitas Informasi: Sebuah Kajian Teoritis pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam di Indonesia”, dalam UNILib Jurnal Perpustakaan Vol. 8 No.1 (2017): 75 – 91.

KBBI Daring. Dalam https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/strategi , diakses pada 8 Desember 2019.

Komarudin. “Rencana Strategis Perpustakaan Sekolah: Pendekatan Praktis”, dalam Jurnal Pustakaloka: Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, Vol. 4 No. 1 (2012): 20 – 31.

Martoatmodjo, Karmidi. Pelestarian Bahan Pustaka, Jakarta: Universitas Terbuka, 1993.

Pendit, Putu Laxman. Perpustakaan Digital: Perspektif Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia, Jakarta: Sagung Seto, 2007.

_____________. Perpustakaan Digital – dari A sampai Z, Jakarta: Cita Karyakarsa Mandiri, 2008.

_____________. Perpustakaan Digital: Kesinambungan & Dinamika, Jakarta: Cita Karyakarsa Mandiri, 2009.

Sulistyo-Basuki. Pengantar Ilmu Perpustakaan, Jakarta: Remaja Rosdakarya, 1993.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Hasil gambar untuk logo google scholar