Hadis pada Masa Rasulullah dan Sahabat: Studi Kritis terhadap Pemeliharaan Hadis

Iskandar Usman

Abstract


Hadis adalah  ucapan, perbuatan, dan perngakuan/persetujuan yang      disandarkan kepada Rasulullah SAW. Hadis merupakan sumber ajaran Islam yang kedua. Hadis dalam hubungannya dengan sumber ajaran Islam yang pertama, Alquran, berfungsi menjelaskan (memperjelas isi/kandungan) Alquran, menguatkan hukum-hukum (yang ditetapkan) Alquran, dan menetapkan beberapa hukum yang tidak dijelaskan (dalam) Alquran. Ada dua hadis yang kontradiktif mengenai penulisan hadis, hadis yang melarang dan hadis yang menganjurkan penulisan hadis. Makalah ini ingin mengkaji secara kritis bagaimana sesungguhnya masalah penulisan hadis pada masa Rasulullah dan sahabat, bagaimana mengkompromikan kedua hadis tersebut dengan pendekatan Ilmu Mukhtalif Hadis dan pendekatan historis mengenai fakta yang terjadi pada masa Rasulullah dan sahabat, juga ingin mengkaji mengapa setelah wafatnya Rasululullah  para sahabat    membatasi periwayatan hadis.

Keywords


Pemeliharaan, hadis, praktik sahabat, penulisan dan periwayatan hadis

Full Text:

PDF

References


Ahmad Amin. 1959. Fajr al-Islâm, Nahdhah Mesir, Cet. VII, Kairo.

Ahmad Ibnu Hanbal al-Syaibani. t.th. Musnad Ahmad Ibnu Hanbal, Tahqiq Ahmad Muhammad Syakir, Juz 12 dan 13, Dâr al-Ma’ârif, Kairo.

Al-Khathib al-Baghdadi. t.th. al-Jâmi’ li Akhlâq al-Râwî wa Âdâb al-Sâmi’, Makhthûth al-Iskandariyah.

Al-Qasimi. 1961. Qawâ`id al-Tahdîts, `Isâ al-Bâbî al-Halabî, Mesir.

Al-Zahabi. 19958. Kitâb Tazkirat al-Huffaz, Vol. 1, Dâr al-Kitâb al-‘Ilmiyah, Beirut.

Ibnu al-Shalah. t. th. `Ulûm al-Hadîts, al-Maktabat al-`Ilmiyat.

Ibnu Hajar. 1959. Fath al-Bârî, Juz I, Mathba’ah Mushthafâ al-Bâbî al-Halabî, Mesir.

Ibnu Hisyam. t. th. Sîrat Nabî SAW, Juz IV, Mathba`ah Hijâzî, Kairo.

Ignaz Goldziher. 1970. Muslim Studies, London: George Alen & Unwim, Ltd.

Muhammad Abu Rayyah. t. th. Adlwâ’ `Alâ al-Sunnat al-Muhammadiyyat, Dâr al-Ma`ârif, Mesir.

Muhammad Abu Syuhbah. t. th. Difâ` `An al-Sunnat, Mathba`at al-Azhar, Mesir.

Muhammad al-Shabbagh. 1972. Al-Hadîts al-Nabawî, al-Maktab al-Islâmî, Riyadh.

Muhammad al-Zafzaf. 1979. Al-Ta`rîf Bi al-Qur’ân Wa al-Hadîts, Maktabat al-Fallah, Cet. II, Kuwait.

Muhammad ‘Ajjaj al-Khatib. 1971. Al-Sunnat Qabl al-Tadwîn, Dâr al-Fikr, Cet. II, Beirut.

............... 1975. Ushul al-Hadîts `Ulûmuh wa Mushthalahuh, Dâr al-Fikr, Cet. III, t. tp.

Mushtafa al-Siba`i. t. th. Al-Sunnat Wa Makânatuhâ Fî al-Tasyri’ al-Islâmî, Dâr al-Qatamiyyat Li al-Thab`at Wa al-Nasyr.

Muslim. t. th. Shahîh Muslim. Juz II, Dahlan, Bandung.

M. M. Azami. 1977. Studies in Hadith Metodology and Literature, American Trust Publication, Indiana Polis, Indiana.

............... 2018. Dirâsât fî al-Hadîth al-Nabawî wa Tarîkh Tadwînih (Hadis Nabawi dan Sejarah Kodifikasinya, terjemahan: Ali Mustafa Yaqub, Cet. VII, Pustaka Firdaus, Jakarta.

Shubhi Shalih. 1977. `Ulum al-Hadîts, Dâr al`Ilm Li al-Malâyîn, Cet. IX.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ujhk.v4i1.9173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Usrah: Jurnal Hukum Keluarga

P-ISSN: 2620-8075
E-ISSN: 2620-8035

 Published by Islamic Family Law Department, Sharia and Law Faculty, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia

Email : jurnal.elusrah@ar-raniry.ac.id

 

Flag Counter

Creative Commons License

El-Usrah: Jurnal Hukum Keluarga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.