Penentuan Nilai Percepatan Gravitasi Bumi dengan Model Gerak Jatuh Bebas di Laboratorium Fisika UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Nurhayati Nurhayati, Reski Dewi Ayu A, suaibatul aslamiyah

Abstract


Dalam pembelajaran Fisika, nilai percepatan gravitasi bumi biasanya diambil dengan konstanta percepatan gravitasi secara umum yaitu 9.8 m/s2. Namun, sesungguhnya nilai percepatan gravitasi bumi di setiap tempat sangat mudah dicari dan nilainya bisa berbeda-beda tergantung posisi ketinggian suatu tempat tersebut. Jika diambil nilai yang sesungguhnya, maka hasil perhitungan untuk beberapa parameter lainnya akan lebih valid karena sesuai dengan kenyataan. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan pengalaman secara langsung pada mahasiswa untuk menentukan nilai percepatan gravitasi bumi dengan cara sederhana yaitu dengan model gerak jatuh bebas. Metode yang dilakukan adalah dengan cara eksperimen menggunakan statif dan bola baja serta photoghate. Nilai rata-rata percepatan gravitasi bumi pada Laboratorium Fisika UIN Ar-Raniry adalah 9.2 m/s2.

 


Keywords


percepatan gravitasi bumi, valid, gerak jatuh bebas, bola baja, dan photogate

References


Abdullah, Mikrajuddin. 2016. Fisika Dasar I. Bandung, Institut Teknologi Bandung.

Giancolli, Douglas C. 2001. Fisika Jilid 2 edisi kelima. Jakarta, Erlangga.

Rosdianto, Haris. 2020. Penentuan Percepatan Gravitasi pada Gerak Jatuh Bebas dengan Memanfaatkan Rangkaian Relai. Jurnal Fisika dan Aplikasinya. Vol. 2(2), 107-112.

Syahrul, John Adler, dan Andriana. 2013. Pengukur Percepatan Gravitasi Menggunakan Gerak Harmonik Sederhana Metode Bandul. Jurnal Teknik Komputer-Unikom-Komputika. Vol. (2)2, 5-9.

Toda, S.Y.G., Tati, M.Y.M., Bhoga, Y.C., dan Astro, R.B. 2020. Penentuan Percepatan Gravitasi dengan Konsep Gerak Jatuh Bebas. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 4(1), 30-37.

Young & freedman. 2002. Fisika Universitas Edisi Kesepuluh. Jakarta, Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v2i1.8347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Phi : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan 2020. Published by Progam Studi Pendidikan Fisika FTK Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. 

 

Flag Counter

counter free

 

 

View My Stats